10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia dengan Keindahan Alaminya


HalMenarik.com – Air Terjun Tertinggi Di Dunia Ada Di Berbagai Negara. Air terjun merupakan salah satu jenis wisata alam yang digemari banyak orang diseluruh dunia. Kesegaran air dan asrinya lingkungan sekitar, membuat air terjun dikunjungi berbagai kalangan saat liburan. Berikut ada 10 air terjun tertinggi di dunia yang terletak di berbagai negara.

Air Terjun Tertinggi Di Dunia

10. Air Terjun Browne 

Air Terjun Tertinggi Browne Falls

Air Terjun Browne adalah air terjun yang berada di atas Doubtful Sound, terletak di Taman Nasional Fiordland, Selandia Baru, dengan Ketinggian 2.744 kaki (836 m). Air Terjun Browne adalah air terjun ke-10 tertinggi di dunia.

9. Air terjun James Bruce

Air Terjun Tertinggi James Bruce Falls

Salah satu air terjun tertinggi di benua Amerika Utara dan kesembilan tertinggi di dunia. Terletak di Princess Louisa Provincial Marine Park di British Columbia, Kanada. Air terjun ini berasal dari padang salju kecil dan cascades dengan ketinggian 2.755 kaki (840 m) ke Princess Louisa Inlet.

8. Air terjun Pu’uka’oku 

Air Terjun Tertinggi Pu’uka’oku

Pu’uka’oku adalah air terjun tertinggi yang terletak di Hawaii. merupakan air terjun tertinggi di Amerika Serikat dan kedelapan di dunia. Secara total, air terjun ini memiliki ketinggian 2.756 kaki (840 m).

7. Air terjun Balåifossen

Air Terjun Tertinggi Balåifossen

Terletak di Hordaland, Norwegia, Balåifossen memiliki ketinggian 2.788 kaki (850 m) dan sesuai dengan database Air Terjun Dunia,  Balåifossen merupakan air terjun tertinggi kedua di Norwegia dan Eropa, dan air terjun tertinggi ketujuh di dunia.

6. Air terjun Vinnufossen

Air Terjun Tertinggi Vinnufossen

Air Terjun ini merupakan yang paling terkenal di Norway. Dengan tingginya yang seperti menjulang ke langit, anda akan merasakan sensasi yang luar biasa bila melihatnya secara langsung lewat jalur udara. Air Terjun Vinnufossen adalah air terjun tertinggi di Eropa dan urutan keenam air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian 2.822 kaki (860 m).

5. Air terjun Yunbilla

Air Terjun Tertinggi Catarata Yumbilla

Dengan ketinggian 870 meter, Peru’s National Geographical Institute menjadi salah satu air terjun yang cukup tinggi di dunia. Yumbilla Falls memiliki empat aliran air besar dan mampu menggantikan Gocta Fall yang hanya memiliki tinggi 771 meter. Lokasi Yumbilla Gocta berada di regional Amazon.

4. Air Terjun Olo’upena

Air Terjun Tertinggi Olo’upena

Meskipun air terjun tertinggi di dunia , Olo’upena tidak pernah dikunjungi wisatawan. Terletak di Pulau Molokai Hawaii dengan kondisi terisolasi. Tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan air terjun ini karena lokasinya sulit dijangkau. Adanya foto melalui satelit membantu orang mengenal Olo’upena, namun hanya sebatas tahu tanpa mengunjungi. Ketinggiannya mencapai 900 meter.

3. Air Terjun Three Sister

Nama lain dari air terjun three sister ini adalah Cataratas las Tres Hermanas. Letaknya di Peru tepatnya di wilayah Ayacucho. Sekitar air terjun ini adalah hutan dan pohon-pohon besar yang terlihat sangat segar dan alami. Ketinggiannya mencapai 100 kaki, dengan ketinggian air jatuh sekitar 915 meter. Di subut air terjun three sister, karena terdiri dari tiga tingkatan. Dua bagiannya terletak di atas dan hanya bisa dilihat dari udara, sedangkan yang satu membentuk cekungan seperti bak besar yang menampung air dari atas.

 

2. Air Terjun Tugela

Air terjun tertinggi di dunia yang kedua adalah Tegula. Berlokasi di Drakensberg atau Dragon Mountains di Royal Natal National Park KwaZulu Provinsi Natal, Afrika Selatan, air terjun ini memiliki ketinggian 947 meter. Sumber air terjun Tegula berasal dari sungan Tegula dan semakin terlihat jelas air terjunnya apabila dilihat dari jalan utama perjalanan menuju ke dalam taman nasional dengan kondisi setelah hujan deras.

1. Air Terjun Santo Angel

Air Terjun Tertinggi Angel

Ketinggian air terjun ini mencapai 3.212 kaki atau sekitar 979 meter dan ketinggian jatuh tanpa hambatannya mencapai 2.647 kaki atau 807 meter. Air terjun yang biasa disebut Angel ini terletak di Rio Caroni di dalam Taman Nasional Canaima, Venezuela.

Sebenarnya, air terjun ini pertama kali diketahui oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz pada awal abad ke 20, akan tetapi tidak terlalu dikenal, hingga akhirnya James Crawford Angel yang berprofesi sebagai penerbang Amerika mendaratkan pesawatnya dekat air terjun dengan tujuan mencari tambang emas pada tahun 1936. Dari nama James Crawford Angel-lah, nama Santo Angel didapatkan. Suku Indian Pemon sebagai warga asli Amerika, menjuluku Air terjun tersebut dengan Auyan Tepui yang memiliki arti Gunung setan. Pada 1949, Nasional Geografi resmi menantukan ketinggian air terjun Santo Angel, dan menjadi wisata terkenal di Venezuela.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

log in

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in