33 Sungai Terpanjang Di Asia Lengkap dengan Penjelasan dan Foto


HalMenarik.com – Deretan Sungai Terpanjang Di Asia. Dari hulu hingga kehilir sungai bermuara. Air mengalir dari sumber ke muara ini memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia ataupun mahluk hidup lainnya. Di setiap daerah pasti memiliki sungai sebagai tempat penampungan air dan hidupnya berbagai mahluk hidup. Ukurannya pun berbeda, ada yang pajang sekali ada yang pendek. Berikut ini merupakan sungai terpanjang di Asia dengan berbagai ukuran panjangnya.

Sungai Terpanjang Di Asia

1. Sungai Yangtze (6,300 km)

Sungai Yangtze - Sungai Terpanjang di AsiaYangtze Merupakan sungai terpanjang di Asia, dengan panjang 6.300 km. Dengan nama lain Chang Jiang dan Yangzi Jiang, sungai ini masuk dalam sungai terbesar di Asia dan sungai terpanjang ke-3 di dunia, bahkan debit volume merupakan yang terbesar ketiga di dunia. Di dalam sungai Yangtze memiliki banyak mahluk hidup yang hampir punah, seperti habtat, dan lumba-lumba Finless, buaya Cina, paddlefish Cina, Baiji dan spesies endemik lainnya, sehingga sungai ini menjadi aliran yang sangat penting bagi masyarakat Cina karena sebagian besar warga Cina hidup di sekitar lembah sungai Yangtze.

2. Sungai kuning (5,464 km)

Sungai Kuning - Sungai Terpanjang di AsiaMasih berada di Tiongkok, dengan panjang 5.464 km, sungai kuning menjadi sungai terpanjang di Asia kedua. Di sepanjang sungai kuning inilah kebudayaan Republik Rakyat Cina bagian Utara  mulai berkembang. Nama sungai kuning sendiri berasal dari warna lumpur kuning yang dibawa mengalir sepanjang aliran sungai. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa di sungai ini, lahirnya peradaban Tiongkok salah satunya kegiatan dibidang pertanian, meskipun demikian, sungai ini juga sering medatangkan musibah banjir jika debit airnya sedang tinggi dan meluap ke pemukiman penduduk sejak 7 tahun terakhir.

3. Sungai Mekong (4,909)

Sungai Mekong - Sungai Terpanjang di AsiaSungai panjang ketiga ini memiliki panjang 4.350 atau setara dengan 2.703 mil. Merupakan sungai lintas batas di wilayah Asia Tenggara dan juga sebagai sungai terpanjang ke 12 di dunia. Wilayah yang dilintasi oleh sungai ini meliputi Dataran tinggi Tibet, kemudian mengalir ke provinsi Yunan di Cina, lalu bergerak ke Myanmar, laos, bergeser ke Kamboja, selanjutnya mengalir ke Thailan dan Vietnam. Beberapa negara yang dilalui oleh sungai mekong memiliki lembaga yang diberi nama komisi sungai Mekong. Tuhuannya adalah untuk mengelola dan mengkoordinasikan sumber daya yang ada di Sungai Mekong. Bahkan di tahun 1996, Myanmar dan Cina memelopori untuk membuat mitra dialog selanjutnya diikuti oleh keenam negara lainnya yang membentuk kerjasama dibidang kerangka koperasi.

4. Sungai Lena (4,472 km)

Sungai Lena - Sungai Terpanjang di AsiaSungai Lena yang terletak di Rusia ini adalah sungai terpanjang ke-11 di dunia dan memiliki daerah aliran sungai terbesar ke-9 serta menempati urutan ke-3 sungai terpanjang di Asia. Sungai Lena adalah sungai terbesar di antara daerah aliran sungai yang sepenuhnya dalam batas teritorial Rusia.

5. Sungai Irtysh (4,248 km)

Sungai Irtysh - Sungai Terpanjang di AsiaSungai Irtysh adalah sungai yang terletak di Rusia, Cina, dan Kazakhstan yang merupakan anak sungai Ob. Sumber sungai terletak pada Altai Mongolia di Dzungaria (bagian utara Xinjiang, Cina) dekat perbatasan Mongolia. Anak sungai utama Irtysh termasuk Sungai Tobol dan Sungai Ishim. Sistem Ob-Irtysh membentuk cekungan drainase utama di Asia, meliputi sebagian besar Siberia Barat dan Pegunungan Altai.


Editors’ Pick:


6. Sungai Yenisei (4.090 km)

Sungai Yenisei - Sungai Terpanjang di AsiaMemiliki panjang 4.090 km atau 2.540 mil, Sungai Yenisei adalah salah satu sungai terpanjang di asia yang mengalir ke Samudra Arktik. Sungai Yenisei adalah sungai terdalam dari tiga sungai Siberia terpanjang yang mengalir ke Samudra Arktik. Kedalamannya mencapai 80 kaki. Sepanjang Perang Dunia II, Jerman dan Kekaisaran Jepang melihat secara persuasif untuk membagi Asia sepanjang garis yang dilacak Sungai Yenisei ke perbatasan Cina, serta sepanjang perbatasan Cina dan Uni Soviet.

7. Sungai Ob (3.650 km)

Sungai Ob - Sungai Terpanjang di AsiaSungai Ob merupakan sungai utama di Siberia bagian barat, Rusia dan menempati urutan ketujuh sungai terpanjang di Asia. Sungai Ob adalah sungai yang terletak paling barat dari tiga sungai besar Siberia yang mengalir ke Samudra Arktik (dua lainnya adalah Sungai Yenisei dan Sungai Lena).  Sebuah bendungan dibangun di dekat Novosibirsk yang membuat danau buatan terbesar di Siberia yang bernama Novosibirsk Reservoir. Sungai Ob memiliki panjang sekitar 3.650 km atau 2.268 mil.

8. Nizhnyaya Tunguska (2.989 km)

Sungai Nizhnyaya - Sungai Terpanjang di AsiaNizhnyaya Tunguska adalah sebuah sungai yang terletak di Siberia, Rusia, yang mengalir melalui Irkutsk Oblast dan Krasnoyarsk Krai. Sungai Nizhnyaya Tunguska adalah cabang kanan Yenisei yang terhubung ke Turukhansk. sungai yang indah ini memiliki panjang 2.989 km – 1.857 mil. Di masa lalu, sungai ini digunakan sebagai perdagangan, transportasi barang dan kekayaan mineral. Sungai Nizhnyaya Tunguska juga merupakan salah satu sungai yang menguntungkan untuk perekonomian.

9. Sungai Indus (3.180 km)

Sungai Indus - Sungai Terpanjang di AsiaSungai Indus yang juga disebut Sindhu atau Abāsīn, adalah sungai terpanjang yang mengalir di Asia Selatan. Total panjang sungai 3.180 km (1.980 mil) yang membuatnya salah satu sungai terpanjang di Asia. Berasal di bagian barat Tibet di sekitar Gunung Kailash dan Danau Manasarovar, sungai mengalir melalui Ladakh, Gilgit-Baltistan, dan Khyber Pakhtunkhwa, dan kemudian mengalir sepanjang seluruh Punjab untuk menggabungkan diri ke Laut Arab dekat kota Thatta di Sindh. Ini adalah sungai terpanjang dan juga meripakan sungai nasional Pakistan.

10. Sungai Brahmaputra (2.900km)

Sungai Brahmaputra - Sungai Terpanjang di AsiaBrahmaputra adalah sebuah sungai utama di Asia yang melintasi negara India, Bangladesh, dan wilayah Tibet. Dalam bahasa Sanskerta, dia berarti “anak Brahma”. Sungai ini berasal dari pegunungan Himalaya di Tibet barat, di Cina dan mengalir sepanjang 2.900km ke laut di Teluk Bengal di Bangladesh. Dia disebut Tsangpo di Tibet, Siang di Arunachal Pradesh dan satu cabang utamanya disebut Sungai Jamuna di Bangladesh. Sanskrit tua menyebutnya sebagai Lauhitya dan orang lembah Brahmaputra memanggilnya Luit.

Sungai ini pada akhirnya bertemu dengan Gangga (disebut Padma di Bangladesh) dan sungai Meghna untuk membentuk delta sungai terbesar di dunia, kebanyakan berada di Bangladesh. Dia merupakan salah satu dari sedikit sungai di dunia yang memiliki tidal bore. Kebanyakan sungai India memiliki nama perempuan. Tapi sungai ini memiliki nama lelaki.

Lihat urutan selanjutnya di halaman ke-2

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: nama sungai di asia tenggara

log in

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in